Jumat, 16 September 2016

Filled Under:

KEREN! INILAH JEMBATAN DAN JALAN BAWAH LAUT YANG MENGHUBUNGKAN DENMARK DAN SWEDIA

The Øresund – adalah sebuah jembatan panjang yang menghubungkan dua negara di Eropa yakni Negara Denmark dan Swedia. Jempatan panjang yang membelah lautan ini menghubungkan kota Copenhagen yang ada di Denmark dan Kota Malmo yang ada di Swedia.
Jarak antara dua kota itu jika melalui “jalur” ini adalah sejauh 8 kilometer. Yang mengherankan adalah, tidak seluruh jarak tersebut (8 km), dihubungkan oleh jembatan ini. Jembatan ini hanya menghubungkan sejauh 4 km saja, di mana 4 kilometer sisanya dihubungkan oleh terowongan bawah laut. Luar Biasa bukan?
The Øresund dirancang dan dibangun oleh sebuah firma asal Denmark yang bernama COWI dengan arsitek utama yang bertugas mengerjakannya yaitu George K.S. Rotne. Jembatan dan terowongan ini menghubungkan kedua negara dan dikelola secara bersama-sama. Untuk bisa melewati jembatan ini anda harus membayar tarif tol.
Di samping itu, hal unik yang anda dapatkan dari jembatan ini adalah jembatan ini terbagi atas jalan untuk mobil dan jalan untuk kereta api. Untuk pengendara mobil, mereka akan melewati bagian atas dari jembatan sementara jalur kereta ada di bawah mereka.
Penasaran bagimana penampakan dari jembatan ini? Simak gambar-gambar berikut :
Anda dapat melihat pada gambar di atas, bagaimana jembatan ini membentang di atas laut dengan megahnya. Namun, tampak dari foto di atas jembatan ini tidak sampai menuju ke daratan. Jempatan ini tampak terputus di tengah laut, dan di sanalah mobil dan kendaraan lainnya akan meluncur ke terowongan yang ada di bawah lautan. Luar Biasa!

(sumber:www.sejutamakna.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2016 HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL™ Jurnalistik HMS
Designed by Jurnalistik HMS. Hosted on HMS.